JUDUL :PENGANTAR
BISNIS TUGAS MINGGU KE 6
KELAS :1 EB 22
NAMA/NPM :LUKMAN NUL
HAKIM (25213056)
IRVAN
RAMADHAN (24213522)
GERALD
YOSAFAT (23213683)
- JELASKAN PERBEDAAN PASAR DENGAN PEMASARAN
- pasar adalah tempat dimana pembeli dan penjual
berkumpul untuk jual beli barang, atau lebih jelasnya tempat pertemuan pembeli
dan penjual.
- pemasaran adalah suatu kegiatan yg mempromosikan
atau menawarkan barang dan jasa dalam bentuk iklan melali televisi atau cetak
untuk menarik peminat untuk membeli barang yg di tawarkan, tujuannya jga untuk
mendapatkan ke untunga
- BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
• Contoh
jenis pasar industri :
a) Pabrik sepatu
b) Pengusaha Mebel
c) Pengusaha Alat-alat Rumah Tangga
d) Pabrik elektronik
e) Pabrik Ban.
• Contoh jenis pasar penjual :
a) Buka Grosir Buah murah, lalu
jual ke pedagang eceran.
b) Beli Kepiting Bakau dari
pengepul, lalu jual ke eksportir.
c) Membeli ban di pabrik ban
mobil, lalu dijual di bengkel.
d) Membeli mobil
kemudian di sewakan ke konsumen.
e) Membeli
sambel pecel di produsennya, kemudian dijual dipasar-pasar.
3.
JELASKAN dgn 1 CONTOH BARANG
/JASA UNIVERSAL BAGAIMANA
MEMASARKANNYA ( BERDASARKAN 4 P )
contohnya peralatan sekolah
atau kantor
─ Berdasarkan product :
Artinya barang
tersebut harus bisa memikat para konsumen agar tertarik untuk membelinya dan
pastinya harus berkualitas bahkan produk barang tersebut akan lebih mudah
terjual apabila memiliki brand ternama dan sudah terkenal.
─ Berdasarkan price :
Artinya produk
barang yang ditawarkan kepada konsumen janganlah memasang harga yang tinggi
karena itu akan mengurangi rasa ketertarikan konsumen untuk membeli barang
tersebut, tetapi berikan harga yang memang sudah sesuai standart produk barang
tersebut.
─ Berdasarkan promotion :
Artinya untuk
meningkatkan produk penjualan, harus diimbangi dengan promosi secara luas agar
masyarakat itu mengetahui produk yang kita jual, bahkan produk tersebut bisa
menjadi terkenal, atau bisa sekalian untuk jasa sebagai member buat
memproosikan produk tersebut.
─ Berdasarkan place :
Artinya produk
tersebut baiknya dipasarkan sesuai tempatnya seperti dilakukan di toko fotocopy
, atau bisa juga on line.
4.
SEBUT DAN JELASKAN 4
VARIABEL BAURAN PROMOSI
- Produk :
suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk bungkus, warna, harga, prestise perusahaan dan pengecer, pelayanan perusahaan
dan pengecer, yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan/kebutuhan.
- Struktur harga
: sejumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.
- Sistem distribusi
: saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan dari produsen ke konsumen atau pembeli industri.
- Kegiatan
promosi : arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk
mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan
pertukaran dalam pemasaran.
5. SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF SISTEM
PEMASARAN
- Memaksimal
kan kualitas hidup
System
pemasaran di percaya dapat meningkatkan taraf hidup melalui kualitas,
kuantitas, ketersediaan, dan harga barang serta jasa
- Maksimalkan pilihan
System ini
mmemungkinkan konsumen untuk menemukan produk dengan tepat yang dapat memuaskan
selera dan gaya hidup mereka, tetapi kopensasinya adalah peningkatan biaya
-
Memaksimalkan konsumsi
Kegiatan
pemasaran yang telah di jalankan seharusnya dapat merangsang terjadinya
konsumsi maksimal yang pada giliran akan menciptakan produksi, kesempatan
kerja, dan kemakmuran bagi masyarakat
- Memaksimalkan kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen sulit untuk di ukur, karena belum
adanya tolak ukur kepuasan konsumen terhadap suatu produk atau aktivitas
pemasaran, dan terkadang kepuasa yg di peroleh di ikuti oleh kondisi lingkungan
yang kurang menyenangkan.
No comments :
Post a Comment